MAPALA GEGAMA UGM Sampai Batas Kami Tak Mampu Lagi
Sampai Batas Kami Tak Mampu Lagi

Menyambung Jejak Waktu di Tebing Pantai Siung

Menyambung Jejak Waktu di Tebing Pantai Siung

Sabtu – Minggu, 18 – 19 Maret 2023, telah berlangsung kegiatan Pendidikan Lanjut (DIKJUT) 1 Divisi Panjat Tebing GEGAMA. Pelaksanaan DIKJUT 1 ini berlokasi di Tebing Pantai Siung, Kabupaten Gunungkidul, DIY, tepatnya pada jalur pemanjatan blok D. Tebing yang merupakan kawasan batuan karst Pegunungan Sewu ini juga menjadi kesukaan banyak pemanjat untuk menikmati keelokan Pantai Siung melalui berbagai pilihan jalurnya.

Kegiatan DIKJUT 1 ini diikuti oleh 6 anggota Wiramuda dan 2 anggota aktif. Anggota wiramuda terdiri dari Stefani (Karih), Salma (Menik), Joyfal (Karuk), Eswa (Peni), Elma (Rintip), dan Clara (Rikuh), sedangkan 2 anggota aktif yang turut terjun ke lapangan yakni Majiid (Gatheng) dan Pudy (Ligu). Terdapat beberapa materi yang telah disampaikan pada rangkaian DIKJUT 1 ini, mencakup leading cleaning, artificial climbing, dan multipitch. Sebelum hari H pelaksanaan DIKJUT 1, para anggota juga mengikuti latihan leading cleaning di Wall MAPASADHA, pada 8 Maret 2023.

Leading adalah teknik panjat di mana pemanjat bertugas sebagai leader untuk memasang runner sebagai pengaman di setiap anchor yang ada dan dilanjutkan dengan snapping atau pemasangan tali pada runner tersebut. Adapun cleaning adalah ketika pemanjat harus membersihkan jalur pemanjatan dengan mengambil kembali alat pengaman yang telah terpasang sebelumnya. Artificial climbing adalah pemanjatan di mana pemanjat akan memasang runner (pengaman) dengan memanfaatkan cacat batuan pada tebing, teknik ini tentunya dilengkapi dengan alat artificial seperti sling, prusik, fren, stopper, dan hexa. Multipitch adalah teknik pemanjatan dengan beberapa bagian (pitch) di mana leader dan belayer akan saling bertukar peran dalam proses pemanjatannya, teknik ini biasanya dilakukan di tebing yang sangat tinggi.

Keterbatasan waktu serta hal lain menjadikan tidak semua materi dapat dipraktekkan pada hari H pelaksanaan DIKJUT 1. Kegiatan ini pun memfokuskan pada praktek materi leading cleaning. Hal ini disebabkan karena materi leading cleaning memiliki prioritas yang lebih tinggi untuk dapat segera dikuasai oleh para anggota. Namun, para anggota juga sudah berhasil mempraktekkan artificial climbing sebelumnya, tepatnya pada pelaksanaan Survei DIKJUT 1 Divisi Panjat Tebing tanggal 11 Maret 2023, yang juga berlokasi di Tebing Pantai Siung.

Pemanjatan pada DIKJUT 1 kali ini ditemani oleh kondisi cuaca yang cukup bersahabat. Langit cerah seakan sepakat untuk memberi kesempatan bagi para anggota untuk menyelesaikan apa yang telah mereka mulai. Meskipun membawa fisik dengan energi yang tidak utuh sepenuhnya, pelaksanaan DIKJUT 1 Divisi Panjat Tebing GEGAMA tetap dapat berjalan dengan lancar dan diharapkan dapat menambah wawasan serta pengalaman bagi seluruh anggotanya.

Penulis: Maheswari Rasika