GEGAMA

Dies Natalis Ke-39 GEGAMA Kebersamaan: Menyatukan Kembali Memori

     GEGAMA, yaitu organisasi pencinta alam mahasiswa Fakultas Geografi, baru saja merayakan Dies Natalis ke-39 pada 20 Agustus 2021 lalu. Dies Natalis kali ini dirayakan dengan serangkaian acara bertema Kebersamaan: Menyatukan Kembali Memori. Tema tersebut dipilih agar anggota GEGAMA dan PAGEGA dapat mengenang kebersamaan-kebersamaan saat beraktivitas bersama di GEGAMA. Serangkaian acara yang diadakan dalam rangka Dies Natalis kali ini ada bakti sosial, lomba foto, webinar, dan acara malam tirakatan.

     Bakti sosial diselenggarakan sebagai bakti masyarakat dan untuk membantu yang membutuhkan. Bakti sosial ini diselenggarakan pada tanggal 13 sampai 15 Agustus 2021. Bantuan yang diberikan berupa nasi bungkus dan sembako dengan sumber dana bakti sosial berasal dari pengumpulan dana. Penyaluran nasi bungkus dilakukan pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2021. Nasi bungkus diletakkan pada etalase nasi di dua titik, yaitu di etalase nasi dekat Fakultas Teknik di Jalan Pogung Kidul 2A dan di etalase nasi Gading Mas, di Jalan Kaliurang 8. Penyaluran sembako dilakukan pada tanggal 13 Agustus 2021 kepada mahasiswa-mahasiswa Geografi yang membutuhkan. Penyaluran sembako juga dilakukan pada tanggal 15 Agustus 2021 bekerja sama dengan BEM KM Sosmas.

     Lomba foto yang diadakan dapat diikuti oleh seluruh anggota pencinta alam di Indonesia. Tema yang diangkat pada lomba foto ini adalah kebersamaan dalam berpetualang. Juri lomba foto ini adalah Kang Ahmad Zamroni (GGM 11.151), seorang fotografer profesional dan Kang Yuli Seperi (GGM 15.201), seorang fotojurnalis profesional. Foto yang diikutsertakan dalam lomba diunggah di Instagram atau Facebook masing-masing peserta dengan menandai akun milik GEGAMA. Foto-foto yang diikutsertakan dalam lomba akan dinilai kesesuaiannya dengan tema, kualitasnya, dan keunikannya. Selain itu, caption yang menarik dan sesuai dengan foto juga masuk dalam penilaian. Dari sekian banyak peserta yang mengikuti, pemenang lomba foto diambil tiga terbaik. Juara pertama diraih oleh pemilik akun instagram @hasibaldhiansu dengan foto kebersamaan saat melakukan pendidikan dasar panjat tebing. Juara kedua diraih oleh pemilik akun instagram @jalan_bentarr dengan foto kebersamaan setelah melaksanakan kegiatan diklatsar. Juara ketiga diraih oleh pemilik akun instagram @gerardusje dengan foto kebersamaan saat berkemah.

 

    Webinar yang diselenggarakan pada Dies Natalis kali ini bertema Peluang Karir seorang Geograf, Merintis Karir dengan Ilmu Geografi. Webinar ini diselenggarakan pada tanggal 17 Agustus 2021 dengan menghadirkan tiga pembicara yaitu Agung Satriyo Nugroho, S.Si., M.Sc. (WM XXV) selaku Dosen Pembangunan wilayah UGM, Ir. Drs. Tony Hasudungan Gultom, B.Sc., Dipl.Hy.Eng., M.Sc. (GGM 00.007) selaku Direktur Harita Nikel Grup, dan Kolonel (Purn) Drs. Widy Prasetyo Soedarto, M.M.S. (GGM 00.008) selaku mantan kepala Bidang Strategi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam, serta dimoderatori oleh Diki Akhyar (GGM 35.367) selaku anggota aktif GEGAMA. Webinar ini diselenggarakan agar lulusan geografi dapat menentukan karir di masa depan dengan memanfaatkan ilmu geografi yang dimiliki karena peluang bidang karir seorang geograf sangatlah luas.

     Acara malam tirakatan merupakan puncak serangkaian acara Dies Natalis ke-39 GEGAMA. Malam tirakatan diselenggarakan pada tanggal 19 Agustus 2021 dengan dihadiri oleh anggota GEGAMA, PAGEGA, perwakilan Fakultas Geografi, dan perwakilan UKM yang ada di Fakultas Geografi. Selain acara potong tumpeng yang identik dengan malam tirakatan, diadakan juga sesi sharing session 39 tahun perjalanan GEGAMA bersama Prof. Dr. M. Baiquni, M.A. (GGM  00.009) selaku PAGEGA sekaligus dosen Pembangunan Wilayah dan Johan Herdi Putra (GGM 35.368) selaku anggota aktif GEGAMA.  Pada sharing session ini dipaparkan kegiatan-kegiatan GEGAMA pada awal-awal berdiri dan kegiatan-kegiatan di masa sekarang. Malam tirakatan ini juga menjadi ajang reuni virtual bagi para PAGEGA.

     Di usianya yang ke-39 ini, GEGAMA diharapkan dapat terus aktif berkegiatan dan meningkatkan kapasitas anggotanya serta kebersamaan dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan dapat berkesan dan terkenang selalu.

Penulis : Zakiyatul Miskiyah

Penyunting : Annisa Arni Dewi, Muhamad Rifki Rafida, Soenja Armaicha Anjani

About the author

soenja.armaicha

Add Comment

Click here to post a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.