Adventure Blog GEGAMA

Melatih Fleksibilitas dan Kekuatan Tubuh dengan Jummaring

Divisi Panjat tebing GEGAMA telah melakukan kegiatan Pendidikan Lanjut II (DIKJUT II) yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan pendidikan bagi anggota wiramuda XXXVII setelah dilakukannya kegiatan DIKLATSAR. Kegiatan ini telah dilaksanakan ada tanggal 14 Maret 2021 untuk melanjutkan kegiatan DIKJUT I yang telah dilaksanakan pada tanggal 5-7 Maret 2021. Kegiatan DIKJUT II ini dilaksanakan di Jembatan Babarsari, Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman Yogyakarta.

Kegiatan Pendidikan Lanjut 2 Divisi Panjat Tebing diikuti oleh 8 Anggota yaitu Zahra (Tembon), Arfi ( Pakur), Sistha (Kole), Ali ( Docang), Nurul (Mandai), dan Silpia (Guci). Adapun materi yang disampaikan pada kegiatan DIKJUT 2 Divisi Panjat Tebing ini yaitu jummaring.

Ascending merupakan kegiatan vertical untuk naik keatas dalam suatu medan dengan menggunakan lintasan berupa tali dan menggunakan alat-alat tertentu. Salah satu kegiatan dari ascending ini yaitu Jummaring. Jummaring merupakan salah satu kegiatan menaiki lintasan dengan menggunakan alat yang dinamakan dengan Jummar. Jummar digunakan untuk meniti ke atas dan secara otomatis akan mengunci bila terbebani.  Jummar dipasang pada tali statis yang sebelumnya telah dilakukan rigging. Pada kegiatan Jummaring, alat alat yang digunakan diantaranya Tali Statis, Jumar, Cowstail, Footloop dan Carabiner Oval Screw.

Cowstail merupakan tali pendek yang berfungsi sebagai pengaman tubuh saat dilakukannya Jummaring. Cowstail terdiri dari 3 simpul 8 dengan dua simpul pinggir dikaitkan pada 2 alat Jummar dan simpul tengah dikaitkan pada Harness dengan bantuan Carabiner Oval Screw. Selanjutnya, Footloop berfungsi sebagai pijakan kaki saat manaiki lintasan tali.

Setelah berhasil menaiki lintasan, kemudian dilakukan descending. Descending yaitu kegiatan menuruni medan dengan menggunakan lintasan tali dan menggunakan alat-alat tertentu. Pada kegiatan DIKJUT 2 ini kegiatan descending yang dilakukan yaitu Rappeling. Rappeling yaitu kegiatan menuruni lintasan dengan menggunakan alat descender berupa figure of eight. Pada saat akan melakukan Rappeling perlu memasang instalasi terlebih dahulu dengan memasang figure of eight pada tali satis yang digunakan dan dikaitkan dengan harness menggunakan Carabiner Oval Screw. Setelah dilakukan pemasangan instalasi, alat ascending berupa jumar dapat dilepas dari tali.

Kegiatan Jummaring merupakan kegiatan yang yang dapat memacu adrenalin dan terkesan ekstrem. Mekipun demikian, kegiatan ini dapat melatih fleksibelitas dan kekuatan tubuh. Melalui kegiatan Jummaring ini, bagian-bagian otot tubuh baik bagian atas maupun bawah seperti lengan kaki, bahu, ataupun otot lainnya akan bekerja dan dapat meningkatkan massa otot.

Penulis : Rizki Sisthannisa

About the author

alvina.s.c

Add Comment

Click here to post a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.