MAPALA GEGAMA UGM Sampai Batas Kami Tak Mampu Lagi
Sampai Batas Kami Tak Mampu Lagi

Kegiatan Insidental : Pendakian Jalur Lama di Gunung Merbabu

Pendakian Jalur Lama di Gunung Merbabu

Pertengahan bulan September, Mapala GEGAMA melaksanakan kegiatan insidental divisi Hutan Gunung di salah satu gunung di Jawa Tengah, yaitu Gunung Merbabu. Pendakian kali ini melewati jalur yang sudah lama tidak beroperasi, tepatnya berada di jalur pendakian Cuntel. Suasana senyap yang tercipta tidak membuat kegiatan menjadi menakutkan. Canda tawa anggota ditemani dengan kicauan burung-burung menjadikan kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 1 malam ini menjadi sangat menyenangkan.

Kegiatan mengeksplor jalur pendakian Cuntel Gunung Merbabu mulai pada tanggal 15 September 2024 saat matahari belum tepat di atas kepala. Perjalanan dari base camp dimulai dengan melewati jalanan beraspal yang di samping kanan kirinya masih berdiri permukiman rumah warga. Semakin mendekati hutan pun terdapat lokasi wisata untuk menikmati keindahan siluet Gunung Andong. Memasuki kawasan hutan, kami disambut oleh semak-semak yang tingginya bahkan sudah melebihi tinggi kami. Jalur pendakian yang sudah lama tidak beroperasi menyebabkan kami harus mengeluarkan parang untuk menebas semak-semak yang menjulang tinggi tersebut. Akan tetapi, hal tersebut memang menjadi tujuan pendakian kami kali ini, yaitu mencari, membuka, dan menciptakan jalan.

 

Semakin lama dan semakin jauh jalan yang ditelusuri, vegetasi yang terlihat semakin rapat dan berujung menghantarkan kami pada sebuah tanah yang tererosi cukup dalam. Hal tersebut menjadikan kami mengambil langkah untuk putar balik mencari tempat yang landai untuk membangun tenda, mengingat matahari sudah semakin tenggelam. Malam waktu itu cukup dingin, tetapi sedikit terbantu oleh sop sayur beserta nasi dan lauk tempe yang menjadi makan malam kami waktu itu. Malam yang sangat sejuk menghantarkan kami pada mimpi panjang yang indah.

Pagi hari di tanggal 16 September setelah melewati malam yang panjang, kami melanjutkan eksplor pencarian jalan melewati jalur pendakian lama. Jalan yang dilalui cukup landai ditemani dengan bunga-bunga di sepanjang jalan meskipun harus melompati beberapa pohon yang tumbang menuju pos bayangan 1. Perjalanan kami hentikan tepat di pos bayangan 2, mengingat hari cukup siang yang mengharuskan kami untuk turun dan pulang ke Fakultas Geografi tercinta.

 

 

Penulis : Rachmadesti Salwa N

Editor : Clara Alverina