MAPALA GEGAMA UGM Sampai Batas Kami Tak Mampu Lagi
Sampai Batas Kami Tak Mampu Lagi

GEGAMA Rayakan Dies Natalis ke-42 dengan Tema Sinergi Nyata Dinamika Bersama Terjaga Selamanya

GEGAMA Rayakan Dies Natalis ke-42 dengan Tema Sinergi Nyata Dinamika Bersama Terjaga Selamanya

 

Foto Bersama pada Malam Tirakatan di Auditorium Merapi

GEGAMA telah merayakan ulang tahunnya yang ke-42 dengan penuh semangat dan kebersamaan pada 20 Agustus 2024 silam. Perayaan ini mengusung tema ”Sinergi Nyata, Dinamika Bersama, Terjaga Selamanya,” dengan harapan Dies Natalis kali ini dapat secara nyata menjadi wadah bagi panitia dan peserta untuk berdinamika menjaga alam serta menjalin hubungan seluruh anggota hingga PAGEGA. Serangkaian acara Dies Natalis kali ini meliputi kegiatan bersih pantai, coffee night, dan malam Tirakatan.

Kegiatan bersih pantai atau Beach Clean-Up and Chill dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus 2024, hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap keadaan lingkungan dan dampak yang akan ditimbulkan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan organisasi pecinta alam lainnya di mana kami melakukan pembersihan sampah serta meletakan papan imbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan pada area tersebut. Setelah, pembersihan area dan pemasangan plang, dilanjutkan dengan materi lingkungan terkait bentang lahan dan bentang budaya Pantai Cemara Sewu yang disampaikan oleh Imam Alief Naufal Abidin (GGM 38.400). Kegiatan ini ditutup dengan games pecah ekor balon dan tarik tambang yang berlangsung dengan sangat baik, seru, dan penuh canda tawa.

Kegiatan Bersih Pantai di Pantai Cemara Sewu

Kegiatan Coffee Night dilaksanakan pada tanggal 17-18 Agustus 2024 di Jakagarong, Turi, Sleman yang merupakan lereng bawah Gunung Merapi. Kegiatan ini diikuti oleh anggota wiramuda GEGAMA hingga anggota luar biasa GEGAMA atau biasa dikenal dengan PAGEGA. Kegiatan Coffee Night diawali dengan pembukaan serta sambutan dari Ketua Pelaksana dan Ketua Umum. Sesi selanjutnya yaitu bakar-bakar dan sharing section dari PAGEGA maupun anggota aktif dengan pengalaman-pengalaman lucu dan unik.  Sesi ini, berlangsung dengan baik dan penuh canda tawa.  Kemudian, kegiatan Coffee Night dilanjutkan di hari Minggu, 18 Agustus 2024, yang diawali dengan senam pagi dan jalan bersama menuju pasar ikan. Selama perjalanan, disuguhkan dengan pemandangan gagahnya Gunung Merapi dan sejuknya udara karena alam yang masih asri. Kemudian, dilanjutkan dengan serapan bersama. Kegiatan ini, ditutup dengan lomba makan kerupuk dan lomba “cukurukuk”. Sesi ini berlangsung dengan sangat seru dan penuh gelak tawa.

Kegiatan Coffee Night diisi dengan bincang-bincang malam oleh para anggota GEGAMA

Kegiatan Tirakatan merupakan puncak rangkaian kegiatan Dies Natalis XLII GEGAMA yang dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2024 untuk memperingati hari berdirinya GEGAMA. Kegiatan Tirakatan yang dilaksanakan Auditorium Merapi, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada dan dihadiri oleh Anggota GEGAMA, civitas akademika, dan Perwakilan Anggota UKM yang ada di Fakultas Geografi. Kegiatan Tirakatan dimulai dengan Sambutan Ketua Pelaksana, Sambutan Ketua GEGAMA, Sambutan Perwakilan Anggota Luar Biasa GEGAMA, dan Sambutan Dekanat. Setelah itu, dilaksanakan simbolis pemotongan tumpeng oleh Bapak Dr. Danang Sri Hadmoko, S. Si., M. Sc. Kegiatan Tirakatan ditutup dengan menyanyikan lagi “GEGAMA KITA” dan makan bersama.

 

Malam Tirakatan berlangsung dengan penuh suka cita

Menjadi suatu kebanggaan GEGAMA dapat berkarya dan lestari hingga usianya yang ke-42 tahun. Semoga kedepannya GEGAMA dapat terus aktif dan berkembang menciptakan inovasi baru untuk meningkatkan kualitas anggota yang dapat berguna bagi masyarakat lingkungan sekitar dan alam agar tetap lestari.

#dirgahayugegama #sampaibataskamitakmampulagi

Penulis : Allyssa Azaria

Editor : Clara Alverina