MAPALA GEGAMA UGM Sampai Batas Kami Tak Mampu Lagi
Sampai Batas Kami Tak Mampu Lagi

Sibodak, Surga Tersembunyi di Bawah Pulau Jawa

Sibodak, Surga Tersembunyi di Bawah Pulau Jawa

 

Hari Jumat-Sabtu, tanggal 10-11 Maret 2023 telah dilaksanakan kegiatan Pendidikan Lanjut (DIKJUT) Divisi Penelusuran Gua di Gua Sibodak yang terletak di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Kegiatan ini wajib diikuti oleh anggota divisi Penelusuran Gua GEGAMA sebagai bagian dari rangkaian pendidikan dan pelatihan di GEGAMA. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan materi lanjutan dari materi dasar yang telah disampaikan sebelumnya. Selain itu, kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan materi dasar, seperti operasional dan manajemen berkegiatan. Kemampuan operasional diperoleh dari memahami teknik serta keahlian yang diperlukan selama melakukan kegiatan penelusuran gua secara langsung. Kemampuan manajemen kegiatan dapat diperoleh dari memahami dan mempelajari setiap melakukan persiapan mulai dari sebelum hingga sesudah berkegiatan.

Kegiatan DIKJUT 1 Divisi Penelusuran Gua GEGAMA yang ditujukan kepada anggota Wiramuda Diklatsar XL GEGAMA ini diikuti oleh 9 orang anggota baik dari Wiramuda dan anggota aktif. Lima anggota Wiramuda yaitu Nofal (Tulup), Larasati (Tuntut), Tsalsa (Kepek), Jariyan (Torong) dan Abror (Kimpul). Empat anggota aktif yang turut serta yaitu Rakhmat (Gelam), Gita (Lepa), Kiki (Dakon) dan Rifki (Tembing). selama kegiatan DIKJUT 1 Divisi Penelusuran Gua ini, dilakukan pemaparan dan pelatihan materi yang meliputi materi single rope technique (SRT) tentang melewati deviasi. Latihan SRT dilakukan di Jembatan Babarsari pada tanggal 3-5 dan 7 Maret. Anggota Wiramuda diwajibkan melakukan SRT 5 kali sebelum melakukan DIKJUT 1 Divisi Penelusuran Gua. Latihan ini bertujuan agar pada saat kegiatan lapangan Wiramuda sudah paham dan menguasai teknik SRT.

Cuaca cerah menyambut pagi hari itu di Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Hal tersebut membuat rangkaian kegiatan DIKJUT 1 Divisi Penelusuran Gua berjalan dengan lancar. Wiramuda yang mengikuti kegiatan tidak menemukan suatu halangan dan rintangan apapun. Materi dan teknik yang telah dipelajari membuat acara berjalan dengan aman dan lancar. Para Wiramuda pun sangat berantusias dan bersemangat pada saat kegiatan DIKJUT 1 Divisi Penelusuran Gua.

Penulis: Wahidiyati