Adventure

Memilih Teman Jalan di Lapangan

 

Kegiatan di luar ruangan tidak pernah lepas dengan yang namanya perjalanan. Interval perjalanan yang relatif lama denganmedan yang cukup berat tentu memaksa kita untuk melengkapi diri dengan peralatan yang memadai. Salah satu peralatan yang paling dibutuhkan selama perjalanan adalah sepatu. Pembungkus kaki yang selalu menemani perjalanan kita ini setidaknya dapat memenuhi nilai fungsional tanpa mengesampingkan nilai estetikanya. Memilih sepatu tanpa mempunyai pertimbangan yang matangakan berakibat pada beberapa hal yang mengganggu, yaitu ketidaksesuaian antara sepatu dengan medan yang dihadapi, perjalanan yang tidak nyaman, atau yang paling parah adalah cidera. Berikut beberapa tips memilih sepatu sebagai teman perjalanan di lapangan:

  1. Pahami medan, sesuaikan

Memilih sepatu tanpa mempertimbangkan medan yang dihadapi akan menyebabkan dua kemungkinan yang cukup fatal, yaitu sepatu menjadi useless atau terjadi cidera yang serius. Setiap medan mempunyai karateristiknya masing-masing memerlukan persiapan sepatudengan fungsi yang berbeda pula. Melintasi medan yang landai dan cukup mudah seperti trek Gunung Prau atau sabana Gunung Merbabu tentunya akan sangat percuma apabila kita menggunakan sepatu jenis hiking shoes atau mid-heavy boot. Berbeda apabila kita ingin summit attack ke puncak yang cukup sulit seperti Gunung Slamet atau bahkan Gunung Raung, kita membutuhkan sepatu model high cut seperti kedua jenis di atas.

 

  1. Pas di kaki, nyaman di hati.

Seringkali dalam memilih sepatu kita cenderung memberikan toleransi yang terlalu besar terhadap ukuran sepatu. Sejatinya, ukuran sepatu menentukan kenyamanan dan keamanan kaki selama perjalanan. Ukuran yang terlalu sempit menyebabkan kaki pegal-pegal dan mudah kram, sedangkan ukuransepatu yang terlalu besar akan menimbulkan lecet yang berlebihan.

 

  1. Sesuaikan beban dengan

Beban yang dibawa selama perjalanan juga menuntut perlakuan khusus. Semakin berat beban yang dibawa,bahansepatu yang digunakan haruslah semakin kuat dan keras. Hal tersebut perlu dipertimbangkan untuk menghindarkan kerusakan sepatu selama perjalanan berlangsung. Masalah ini juga harus diperhatikan bersama dengan teknik dan medan  pendakian. Pendakian dengan trek yang panjang menggunakan alpine tactic membutuhkan sepatu yang relative lebih kuat disbanding himalayan tactic yang dilakukan bersama dalam kelompok pendukung besar.

 

 

 

  1. Perbanyak rasa dengan

Kenyamanan sepatu tidak melulu dilihat pada indikator di atas. Sering kenyamanan dan kesesuaian sepatu harus dirasakan secara langsung dengan mencoba. Oleh karena itu, usahakan untuk mencoba dan mengamati sedetail mungkin sepatu yang akan dipilih. Sepatu dengan merk yang sama pun akan terasa berbeda ketika menempel di kaki. Sebisa mungkin untuk urusan membeli sepatu datanglah ke took secara langsung untuk mencoba atau paling tidak pilih sepatu yang anda pernah memakai sebelumnya.

Begitulah tips dan trik memilih sepatu sebagai teman perjalanan Anda. Tentunya memilih sepatu masih membutuhkan banyak pertimbangan lain, seperti merk, tahun keluaran, dan yang paling penting adalah kesesuaian budget. Memilih sepatu yang nyaman dan sesuai budget pastinya akan menjamin keselamatan perjalanan serta keamanan isi dompet Anda. (/Muslih)